Apa itu CDN...? CDN merupakan singkatan dari Content Delvery Network atau Content Delvery Network. CDN adalah jaringan server yang berada di bebagai negara pada belahan dunia . Apa Fungsi CDN...? CDN berfungsi sebagai client pengirim data kepada user. dari setiap server tersebut memiliki basis data yang sama dengan server lainnya, dengan kata lain setiap server memiliki tugas dan fungsi yang sama.

Optimasi Blog atau Website Anda Dengan CDN CloudFlare
Source : www.cloudflare.com

Bagaimana cara kerja CDN...? Pada saat User Client mengakses suatu halaman website maka Client Server akan mengirimkan http request ke server yang di tuju. dan kemudian client server tersebut meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diminta User Client. Biasanya kecepatan akses tergantung pada beberapa faktor diantaranya adalah jarak antara Client server dan Client User. Semakin jauh jarak server dan client maka akan semakin lama proses aksesnya dan kabalikannya semakin dekat jarak server dan client maka semakin cepat pula proses penggunduhan data atau berkasnya.

cara kerja nameserver cdn cloudflare


Maka secara umum CDN memiliki Fungsi untuk meminimalisir waktu preses pengunduhan data yang dibutuhkan Client User. Karena CDN memiliki banyak jaringan dari berbagai negara di belahan dunia maka server akan memprioritaskan pengiriman data dari server terdekat.


Berikut beberapa situs penyedia layanan CDN :


Apa kelebihan dan keuntungan blog atau website yang menggunakan CDN CloudFlare...? blog atau website yang menggunakan layanan CDN CloudFlare akan lebih ringan pada saat diakses dengan kata lain akan mempercepat waktu loading.

Apakah blog atau website akan lebih SEO jika menggunakan nameserver dari Cloudflare...? Selama ini saya belum pernah membaca tentang pernyataan atau review kalau CDN CloudFlare akan menjadikan blog atau website menjadi lebih SEO. Namun secara teknis penggunaan nameserver dari CloudFlare akan mempermudah googleboot saat menelusuri konten yang ada.

Bagaimana cara menggunakan CDN CloudFlare...? Lihat tutorialnya DISINI.


Demikian artikel kali ini tentang pemanfaatan CDN CloudFlare untuk optimasi kecepatan akses blog atau website anda. Semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.