Internet Marketing
Just Info
Tips & Triks
Optimalkan Penjualan Dengan Soft Selling dan Hard Selling
Optimalkan Penjualan Produk atau Jasa Dengan Soft Selling dan Hard Selling - Dalam dunia bisnis, soft sell dan hard sell merupakan dua teknik marketing yang sangat diandalkan untuk meningkatkan pendapatan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Untuk sebagian besar pebisnis hal ini merupakan bukan hal baru, sejak lama mereka mengenal dan menerapkan sistem marketing ini untuk mencapai target penjualan yang mereka inginkan, mulai dari menggunakan biaya nol rupiah sampai jutaan rupiah. Dan sebelum membahas lebih jauh ada baiknya membahas terlebih dahulu tentang kedua teknik marketing Soft Selling dan Hard Selling.
Apa itu Hard Selling?
Hard Sell adalah strategi penjualan atau promosi dengan menyampaikan pesan marketing secara langsung kepada konsumen. Contohnya : iklan, dari mulut ke mulut, surat kabar(koran), majalah, iklan televisi, iklan internet, spanduk, brosur atau papan reklame yang ada di pinggir-pinggir jalan.
Apa itu Soft Selling?
Soft Sell adalah strategi punjualan atau promosi yang dilakukan secara halus dengan kata lain tidak secara langsung. Teknik pemasaran ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa minat konsumen terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan. Contohnya : Dalam dunia nyata soft selling bisa diterapkan dengan banyak hal, misalnya para penerbit buku melakukan beda buku terhadap buku-buku terbitannya dengan mengundang banyak audiensi. Sedangkan dalam dunia maya soft seling bisa dilakukan dengan cara melakukan review produk atau jasa dalam sebuah blog atau website.
Teknik marketing manapun yang dijalankan pastikan anda selalu menyisipkan kata-kata yang berisi ajakan, dalam bahasa inggris di sebut "Call To Action" secara tidak langsung kita para marketer mengajak para konsumen untuk mengenal lebih jauh tentang barang dan jasa yang kita tawarkan dan tidak menutup kemungkinan mereka para custumor tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa kita.
Khusus untuk teknik promosi hard sell sebaiknya lakukan perhitungan bagdet terlebih dahulu hal ini untuk meminimalisir terjadinya over budget.
Saran saya sebaiknya anda gunakan kedua teknik penjualan di atas jika anda menginginkan hasil yang maksimal dan tidak mustahil anda bisa mencapai target penjualan dengan waktu yang singkat. Untuk tingkat keberhasilan tergantung pada anda sendiri, karena apa yang terjadi di lapangan sangat bisa jauh berbeda dengan apa yang ada di teori. Demikian artikel kali ini tentang Optimasi Penjualan Dengan Soft Selling dan Hard Selling, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan khususnya saya pribadi. Jika ada kesalahan tolong diperbaiki dan jika ada kekurangan silahkan tambahkan di kolom komentar yang ada dibawah. Sekian dan tangkiu...
ijin belajar mas hehe
ReplyDeleteBayar goceng mas,,,wkwkwkkwk
Deleteke rekening saya
DeleteBoleh,,
Deletejadi memahami apa yang di maksudkan dengan soft dan hard selling, intinya lakukan kedua penjualan tersebut agar produk kita lebih dikenali konsumen...gituh ya mang?
ReplyDeleteItu dia kang yang saya maksud,,,
Deletebrarti saya pelaku Soft Selling ya mas ya. hehehehe
ReplyDeleteAhlinya,,,,Mangs Aduls
DeleteSepertinya kebanyakan menggunakan Hard selling yah
ReplyDeleteapalagi zaman sekarang udah banyak toko-toko online
Bener mas,,,zaman sekarang udah banyak banget online shop dan market place
DeleteWah ini dia yang saya sukai. Urusan bisnis hieiehe. Kebetulan kami menawarkan penjualan secara langsung turun ke Jalan. Setidaknya edukasi untuk masyarakat akan kebaikan produk kami
ReplyDeleteBerarti Mas Asep sedang menerapkan teknik hard selling
Deletedalam pemasaran memang Soft Selling dan Hard Selling sangat tidak bisa dipisahkan ya mas wahab, gunanya agar para konsumen bisa menerima info yang akurat dari pesan atau promosi yang kita sampaikan :)
ReplyDeleteBener mas,,,2 hal yang saling melengkapi,,,
DeleteKalau mau bisnis wajib tahu 2 tehnik ini terutama yang soft selling biar calon konsumen nggak merasa ditawarin barang
ReplyDeletePromosi terselubung mas,,
Deleteilmu gaib dong :v
DeleteHahaaaha...ilmu alus
Deletebaru dengar nih mas yang namanya Soft Selling dan Hard Selling, dan ternyata ini adalah teknik yang bagus dalam meningkatkan penjualan ya ams.. salam kenal..
ReplyDeleteIya mas,,,semoga bermanfaat,,
DeleteSalam kenal kembali.... #HappyBlogging
saya terbiasa jadi buyer mas hehehehe,,, tapi kalo ada peluang bisnis mungkin saya bisa terjun :D
ReplyDeleteBener mas klo ada peluang dan prospeknya bagus langsung sikat...
DeleteOwwww aku baru ngerti
ReplyDeletePenjualan harus ada strategi
Supaya lancar ngais rezeki
Seperti kehendak kwaliti...
Tapi sekarang sudah ngerti...
Deleteberarti tinggal menunggu rezeki...
saya malah baru mendengar tentang istilah Soft Selling dan Hard Selling ini mas
ReplyDeleteMasa mas,,,,sama klo gitu..sama saya
Deletelalu dari kedua cara tersebut kebanyakan yg paling efektif yg mana mas?
ReplyDeleteKalo bisa 22nya mas,,,biar maksimal
DeleteKalau bisa 2 tekniknya di terapkan secara bersamaan, jadi supaya bisa menarik perhatian calon konsumen ya mas, sama seperti ngblog aja perlu mengoptimalkan seo onpage ada offpage
ReplyDeleteMas Achmad Fazri ternyata paham sekali sama apa yang saya jelaskan...
Deleteselling yang efektif itu selling dari hati, he he.. ikutan baca2 ya.. salam kenal
ReplyDeleteBener banget mas,,,klo 2 teknik di atas dilakukan dari hati hasilnya pun akan lebih maksimal..
Delete