Seperti yang kita ketahui siklus pembayaran AdSense / PayOut adalah setiap bulan. Estimasi penghasilan Akun AdSense Kita akan dikumpulkan dalam kurun waktu satu bulan, lalu pada awal bulan berikutnya, penghasilan Akun AdSense Kita akan diselesaikan dan diinput serta diinformasikan ke saldo Akun Kita di halaman "Transaksi". Jika saldo Kita melebihi batas syarat minimum pembayaran dan Kita tidak memiliki penangguhan pembayaran, Maka Kita akan menerima pembayaran pada atau biasanya sekitar tanggal 21pada bulan tersebut. Yang harus Kita perlu ketahui bahwa kapan tepatnya Kita akan menerima pembayaran, itu tergantung pada bentuk atau jenis pembayaran yang Kita pilih.

Sebagai Contoh : sebut saja estimasi penghasilan Akun AdSense sudah terkumpul sepanjang bulan Maret. Mulai 3 Maret, Kita akan melihat laporan total penghasilan akhir dari tanggal 1 sampai 30 April dan akan dikreditkan ke halaman "Transaksi". Setelah itu, pembayaran akan dikirimkan sebagai penghasilan Kita di bulan April dan kredit lainnya pada saldo Akun AdSense sebagai satu pembayaran sekaligus pada tanggal 21 April.

jenis payout adsense

Cara Untuk Memantau perkembangan proses pembayaran
Kita bisa lihat laporan itu semua di Halaman "Transaksi" diperbarui untuk menunjukkan perkembangan proses pembayaran AdSense Kita. Selain itu Kita akan melihat item baris yang telah ditambahkan dan diperbarui sepanjang bulan tersebut ketika penghasilan AdSense Kita diselesaikan, lalu dikeluarkan untuk pembayaran. Kita juga mungkin dapat melihat item baris lainnya untuk berbagai pembayaran dan kredit. Untuk itu silakan Teman Blogger memilih metode pembayaran AdSense Kamu, tentu saja pilih jenis PayOut yang paling sesuai dengan Kamu. Sejauh ini ada 5 macam metode PayOut AdSense yang bisa Kita pilih mulai dari :




Transfer Dana Elektronik (EFT)
Tinjau kalender bulanan ini untuk melihat berbagai target pembayaran dan mengetahui kapan Kita akan dibayar setiap bulannya jika Kamu memilih Transfer Dana Elektronik (EFT) sebagai bentuk pembayaran.

payment timeline adsense

Kolom -    Tanggal 3 di setiap bulan: Estimasi penghasilan untuk bulan sebelumnya akan diselesaikan dan dilaporkan ke halaman "Transaksi". Di halaman "Transaksi", Kita akan melihat item baris dengan total penghasilan yang telah ditambahkan ke transaksi pada bulan sebelumnya.
Halaman "Transaksi" juga akan menampilkan informasi pemotongan yang berkaitan dengan penyesuaian atau biaya. CATATAN PENTING! bahwa Kamu mungkin tidak akan melihat item baris untuk pengurangan aktivitas tidak valid yang dilakukan selama proses finalisasi. Pelajari lebih lanjut pengurangan aktivitas tidak valid.
Kolom -    Tanggal 20 di setiap bulan: Perubahan pada data informasi pembayaran (termasuk menghapus penangguhan pembayaran) harus diselesaikan pada atau sebelum tanggal 20. Perubahan yang dilakukan setelah tanggal 20 pada bulan apa pun tidak akan berpengaruh atau berlaku hingga siklus pembayaran bulan berikutnya. Selain itu, saldo total AkunAdSense Kamu pada tanggal 20 harus mencapai batas syarat minimum untuk PayOut. Jika saldo Kita ternyata tidak memenuhi syarat minimum pembayaran atau jika Kita memiliki penangguhan pembayaran, Maka Kita tidak akan dibayar untuk bulan tersebut dan saldo AdSense Kita akan dialihkan ke bulan berikutnya.
Kolom -    Tanggal 21 di setiap bulan: Pada tanggal 21 di setiap bulan, baris "Pembayaran sedang Diproses" muncul di halaman "Transaksi", yang menunjukkan bahwa penghasilan sudah diproses dan dikeluarkan ke lembaga perbankan Kamu. Setelah item baris ini diperbarui untuk menyatakan “Pembayaran Dimulai”, artinya bank kami telah menerima pembayaran tersebut dan pembayaran telah dikirim untuk diproses. Kamu seharusnya menerima pembayaran dalam waktu tujuh hari kerja setelah pembayaran dikeluarkan. Jika pembayaran belum juga diterima sampai akhir bulan, harap segera hubungi lembaga perbankan yang bersangkutan.

CATATAN PENTING! Jika ternyata pada tanggal 21 jatuh pada akhir pekan atau hari libur, pembayaran mungkin dikeluarkan pada hari kerja pertama setelah tanggal 21 di bulan tersebut.


Cek
Khusus untuk jenis payout melalui cek untuk penghasilan bulan sebelumnya dikeluarkan pada tanggal 21 di bulan tersebut dan dapat membutuhkan waktu hingga empat minggu untuk sampai di alamat pembayaran Akun AdSense Kamu.

Cek juga hanya tersedia di negara tempat yang EFT belum tersedia. Jika Kita tidak melihat pembayaran cek sebagai pilihan payout di halaman pengaturan "Tambahkan metode pembayaran", berarti opsi ini tidak tersedia di negara Kamu.

    Tanggal 3 di setiap bulan: Estimasi penghasilan untuk bulan sebelumnya akan diselesaikan dan dilaporkan ke halaman "Transaksi".
    Tanggal 20 di setiap bulan: Perubahan pada informasi pembayaran (termasuk menghapus penangguhan pembayaran) harus diselesaikan pada atau sebelum tanggal 20. Perubahan yang dilakukan setelah tanggal 20 pada bulan apa pun tidak akan berlaku hingga siklus pembayaran bulan berikutnya. Selain itu, saldo total Akun AdSense Kamu pada tanggal 20 harus mencapai syarat minimum ambang pembayaran. Jika saldo Kamu tidak memenuhi syarat minimum pembayaran atau jika Kamu memiliki penangguhan pembayaran, Maka Kamu tidak akan dibayar untuk bulan tersebut dan saldo Kamu akan dialihkan ke bulan berikutnya.
    Tanggal 21 (atau hari kerja pertama setelah tanggal 21): Cek dikirimkan untuk akun yang memenuhi syarat. Kamu juga akan melihat item baris "Pembayaran sedang diproses" yang muncul di halaman "Transaksi".

CATATAN PENTING! Untuk jenis payout ini harap tunggu dua sampai empat minggu hingga Kamu menerima pengiriman cek melalui kantor pos dan dikirimkan oleh kurirnya. Waktu kedatangan mungkin setiap daerah akan berbeda, bergantung pada layanan pos di wilayah tempat tinggal Kamu.


Western Union Quick Cash
Merupakan metode yang cukup difavoritkan oleh sebagian besar Publisher AdSense Indonesia Western Union Quick Cash dikirimkan pada tanggal 21 di setiap bulan dan akan dapat diambil pada waktu jam hari kerja setelah pembayaran dikeluarkan di setiap lokasi Western Union di negara Kita.

    Tanggal 3 di setiap bulan: Estimasi penghasilan untuk bulan sebelumnya akan diselesaikan dan diposting ke halaman "Transaksi".
    Tanggal 20 di setiap bulan: Perubahan pada informasi pembayaran (termasuk menghapus penangguhan pembayaran) harus diselesaikan pada atau sebelum tanggal 20. Perubahan yang dilakukan setelah tanggal 20 pada bulan apa pun tidak akan berlaku hingga siklus pembayaran bulan berikutnya. Selain itu, saldo total Akun AdSense Kamu pada tanggal 20 harus mencapai syarat minimum pembayaran. Jika saldo Kamu tidak memenuhi syarat minimum pembayaran atau jika Kamu memiliki penangguhan pembayaran, Maka Kamu tidak akan dibayar untuk bulan tersebut dan saldo Kamu akan diakumulasikan pada payout bulan berikutnya.
    Tanggal 21 (atau hari kerja pertama setelah tanggal 21): Pembayaran dikirimkan ke Western Union. Kamu akan melihat item baris "Pembayaran sedang diproses" muncul di halaman "Transaksi".

CATATAN PENTING! Pada metode payout ini Kamu harus segera mengambil pembayaran dalam kurun waktu 60 hari dari tanggal dikeluarkan, jika tidak, jumlah tersebut akan dikembalikan dan dikreditkan kembali ke akun AdSense Kamu.


Transfer bank

    Tanggal 3 setiap bulan: Estimasi penghasilan untuk bulan sebelumnya akan diselesaikan dan diposting ke halaman "Transaksi".
    Tanggal 20 di setiap bulan: Perubahan pada informasi pembayaran (termasuk menghapus penangguhan pembayaran) harus diselesaikan pada atau sebelum tanggal 20. Perubahan yang dilakukan setelah tanggal 20 pada bulan apa pun tidak akan berlaku hingga siklus pembayaran bulan berikutnya. Selain itu, saldo total Akun AdSense Kamu pada tanggal 20 harus mencapai syarat minimum pembayaran. Jika saldo AdSense Kamu tidak memenuhi syarat minimum pembayaran atau jika Kamu memiliki penangguhan pembayaran, Maka Kamu tidak akan menerima pembayaran untuk bulan tersebut dan saldo AdSense Kamu akan ditambahkan pada payout bulan berikutnya.
    Tanggal 21 (atau hari kerja pertama setelah tanggal 21): Transfer bank dimulai. Kamu akan melihat item baris "Pembayaran sedang diproses" muncul di halaman "Transaksi".

Mohon tunggu hingga 15 hari untuk penyelesaian transfer. Durasi waktu yang diperlukan hingga transfer bank sampai ke rekening bank KAmu dapat bervariasi bergantung pada lembaga perbankan yang Kamu guunakan.

CATATAN PENTING! Jika tanggal 21 jatuh pada akhir pekan atau hari libur, pembayaran mungkin dikeluarkan pada hari kerja pertama setelah tanggal 21 bulan tersebut.


Rapida
    Tanggal 3 setiap bulan: Estimasi penghasilan untuk bulan sebelumnya akan diselesaikan dan diposting ke halaman "Transaksi".
    Tanggal 20 di setiap bulan: Perubahan pada informasi pembayaran (termasuk menghapus penangguhan pembayaran) harus diselesaikan pada atau sebelum tanggal 20. Perubahan yang dilakukan setelah tanggal 20 pada bulan apa pun tidak akan berlaku hingga siklus pembayaran bulan berikutnya. Selain itu, saldo total AdSense Kamu pada tanggal 20 harus mencapai syarat minimum pembayaran. Jika saldo AdSense Kamu tidak memenuhi syarat minimum pembayaran atau jika Kamu memiliki penangguhan pembayaran, Maka Kamu tidak akan dibayar untuk bulan tersebut dan saldo AdSense Kau akan dialihkan ke bulan berikutnya.
    Tanggal 21 (atau hari kerja pertama setelah tanggal 21): Pembayaran dikirim ke Rapida untuk diproses. Kamu akan melihat item baris "Pembayaran sedang diproses" muncul di halaman "Transaksi".

Mohon tunggu hingga 15 hari sampai pembayaran Kamu diposting di akun Rapida Online. Perhatikan bahwa terkadang ada penundaan yang disebabkan oleh pemrosesan file. Pelajari lebih lanjut cara menerima pembayaran melalui Rapida.

CATATAN PENTING! Jika tanggal 21 jatuh pada akhir pekan atau hari libur, pembayaran mungkin dikeluarkan pada hari kerja pertama setelah tanggal 21 bulan tersebut.



SEBAGAI CATATAN PENTING! Tolong diperhatikan bahwa jika akun AdSense Kamu diketahui melanggar Persyaratan dan Ketentuan atau Kebijakan Program AdSense, Pihak Google AdSense dapat setiap saat menahan pembayaran (dimulai sejak Google melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan pelanggaran), memotong penghasilan dari akun penayang, dan/atau mengembalikan dana pengiklan atas klik yang diterima di situs penayang atau halaman hasil AdSense untuk penelusuran. Selain itu, jika penayang/pemasang iklan telah melewati batas waktu pembayaran kepada Google terkait dengan program Google AdWords, Pihak Google AdSense berhak menahan pembayaran hingga semua pembayaran yang terutang telah dilunasi. Untuk deskripsi lengkap tentang persyaratan pembayaran, lihat Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

Demikian artikel kali ini tentang cara memilih metode Payout AdSense Yang Tepat Untuk Kamu. Pastikan Kamu memilih jenis PayOut AdSense yang sesuai dengan situasi dan kondisi tempat tinggal Kamu. Dan pastikan metode yang Kamu pilih bisa memudahkan Kamu soal tempat dan waktu. Namun jika kita mengikuti sebagian besar Publisher AdSense Indonesia, Maka sebaiknya Kita memilih metode payout melalui Western Union dan Transafer Bank. Sekian dan Terima Kasih.


Sumber : AdSense Support