Apakah Teman Blogger ingin memasang Google AMP pada Blog WordPress? Accelerated Mobile Pages atau AMP yaitu cara untuk membuat loading web wordpress Kamu lebih cepat pada perangkat mobile. Kecepatan loading situs akan membuat pengunung lebih suka dan ini baik untuk meningkatkan lalu lintas pada Blog WordPress Kamu. Pada artikel kali ini, Saya akan berbagi cara untuk mengatur Google AMP pada WordPress.

Cara Setting Google AMP Pada WordPress


Apa itu Google AMP?

Google AMP adalah singkatan Accelerated Mobile Pages. Ini merupakan teknologi open source terbaru yang didukung oleh perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google dan Twitter. Tujuan dari proyek ini ialah untuk membuat waktu loading konten suatu web atau blog agar lebih cepat bagi pengguna Smartphone.



Bagi sebagian banyak pengguna ponsel pintar, waktu untuk mengakses suatu halaman web sering lambat dan super lemot. Sebagian besar konten dalam halaman web atau blog mengandung banyak  sumber daya yang cukup banyak meliputi text, gambar, audio ataupun video sehingga membuat ponsel pintar memerlukan waktu untuk mengambil beberapa detik agar bisa memuat dengan sempurna kesuluruhan isi konten pada halaman Web. Meskipun semua upaya telah dilakukan oleh pemilik situs yang bersangkutan untuk mempercepat situs web mereka tetap saja hal itu dirasa kurang memuaskan bagi sebagian pengunjung website.

Accelerated Mobile Pages atau AMP menggunakan teknologi untuk menimalkan penggunaan HTML dan Javascript. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan konten untuk di-host di Google AMP Cache. Google kemudian dapat melayani versi cache agar pengguna bisa langsung mengakses dengan cepat suatu web ketika mereka mengklik link web Teman Blogger di hasil google pencarian.

Hal ini sangat mirip dengan fitur Facebook Instant Articles. Namun, Artikel Instan hanya dibatasi untuk platform Facebook, lebih khusus untuk aplikasi mobile mereka saja.
Accelerated Mobile Pages adalah platform-agnostic yang dapat digunakan oleh setiap aplikasi, browser, atau penampil web. Untuk saat ini AMP sudah digunakan oleh Google, Twitter, LinkedIn, Reddit, dan lain-lain.

Pro dan Kontra Google AMP (Accelerated Pages Mobile)Beberapa ahli SEO mengklaim bahwa Pages Ponsel Accelerated akan membantu Web atau blog Teman Blogger akan membantu mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google Search, dan tentu saja hal itu akan meningkatkan pengalaman pengunjung terutama bagi para pengguna ponsel pada koneksi internet yang lambat. Secara tidak langsung itu akan meningkatkan page views suatu situs. Dan itu merupakan tantangan bagi pemilik situs web, blogger, dan pemasar untuk bisa menerapkan dengan baik teknologi AMP pada Platform mereka masing-masing.

AMP menggunakan Limited HTML, JavaScript, dan CSS. Ini berarti Teman Blogger tidak dapat menambahkan widget dan fitur tertentu ke website AMP ponsel Teman Blogger. Hal ini membatasi kemampuan suatu web atau blog untuk menambahkan smart email optin forms, facebook like boxes, dan dynamic scripts lainnya.


Sementara ini Google AMP mendukung Google Analytics, tapi tidak mendukung banyak platform analisis lainnya. Hal ini juga berlaku untuk pilihan iklan yang terbatas untuk memilih beberapa platform iklan untuk web yang menggunakan AMP.


Meskipun AMP memiliki banyak keterbatasan, Google tetap mendorong halaman AMP dengan memberi mereka dorongan dalam pencarian mobile dalam artian akan lebih diutamakan di halaman pertama google.


Jika web atau blog yang Teman Blogger punya mendapatkan banyak lalu lintas yang berasal dari penelusuran seluler, maka pemakaian AMP bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan dan mempertahankan SEO situs Teman Blogger.


Catatan: Ada beberapa keluhan tentang Google AMP oleh beberapa blogger.


Pertama adalah dengan Alex Kras yang mengklaim bahwa web atau blog berpotensi dapat kehilangan lalu lintas seluler jika Teman Blogger mengaktifkan Google AMP. Baca artikel lengkapnya
Alex Kras tentang AMP.

Kedua adalah dengan Terrence Eden "which highlights the difficulties of switching back from Google AMP should you change your mind in the future. We don’t believe this is a major issue because you can do a 301 redirect which several have pointed out in the comment section of his blog posts, but nonetheless it is something you need to think about." Baca artikel selengkapnya pendapat
Alex Kras tentang AMP.
 
Untuk alasan di atas, Saya belum menerapkan AMP ke beberapa Blog WordPress yang Saya :

Namun jika Teman Blogger tidak sependapat dengan penerapan Google AMP di WordPress akan memperburuk SEO Web atau Blog, Saya akan memberikan langkah atau proses yang benar dan tepat untuk setting AMP pada WordPress.

Berikut Tutorial Cara Benar Setting Google AMP Pada Blog WordPress


Cara Setting Accelerated Mobile Pages atau AMP Pada Blog WordPress

Hal pertama yang perlu Teman Blogger lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin AMP.

Setelah plugin AMP aktif, Silahkan Teman Blogger Pilih Menu Appearance » AMP untuk melihat bagaimana situs Teman Blogger terlihat pada perangkat mobile menggunakan AMP.




Teman Blogger dapat mengubah latar belakang header dan warna teks di halaman ini. Warna latar belakang Header yang Teman Blogger pilih juga akan digunakan untuk link.

Plugin juga akan menggunakan ikon situs ( favicon ) atau logo jika theme wordpressnya mendukungnya.


Jangan lupa untuk mengklik tombol simpan untuk menyimpannya.

Sekarang Teman Blogger dapat mengunjungi setiap posting di situs Web WordPress punya Teman Blogger  dan menambahkan / amp / pada akhir URL. Seperti ini:

http://example.com/2016/10/my-blog-post/amp/

Ini akan menunjukkan tampilan wordpress yang telah diminimalkan HMTL, CSS dan JavaScriptnya untuk versi AMP dari pos yang bersangkutan.


Jika Teman Blogger melihat kode sumber dari posting asli, Pasti akan menemukan baris ini di HTML:

<Link rel = "amphtml" href = "http://example.com/2016/10/my-blog-post/amp/" />

Baris ini memberitahu mesin pencari dan lainnya AMP mengakses apps/services di mana untuk mencari versi AMP pada suatu halaman web.



Penyelesaian masalah:

Jika Teman Blogger melihat kesalahan 404 ketika mencoba untuk melihat versi amp, maka di sini yang perlu Teman Blogger lakukan adalah.

Silahkan buka menu Settings » Permalinks di admin WordPress Kamu dan klik tombol ‘Save Changes’. Ingat, tidak mengubah apa pun di sini, cukup tekan tombol simpan. Ini hanya berfungsi untuk menyegarkan struktur permalink website Kamu.



Lihat Accelerated Mobile Pages di Google Search Console

Ingin tahu bagaimana Accelerated Mobile Pages Kamu lakukan di Google Search? Kamu juga dapat dengan mudah memeriksa ini menggunakan Google Search Console.

Caranya Login ke dashboard Google Search Console dan kemudian klik pada Search Appearance » Accelerated Mobile Pages.




Jangan khawatir jika Teman Blogger tidak melihat secara langsung hasil setting AMP pada blog wordpress Kamu. Ini mungkin memerlukan waktu bagi Google untuk mengindeks Accelerated Mobile Pages dan kemudian menampilkannya di data di Search Console.


Memperluas dan Memodifikasi Accelerated Mobile Pages

AMP plugin untuk WordPress hadir dengan pilihan kustomisasi yang sangat terbatas. Namun Kamu dapat menggunakan beberapa plugin WordPress lainnya untuk menambahkan beberapa penyesuaian lagi.

Jika Teman Blogger sudah menggunakan Yoast SEO, maka Kamu perlu menginstal dan mengaktifkan Plugin Glue untuk Yoast SEO & AMP.

Ini adalah plugin add-on untuk Yoast SEO dan AMP plugin. Setelah aktivasi, Kamu hanya perlu untuk memilih menu SEO » AMP untuk mengkonfigurasi pengaturan plugin.




Plugin ini memungkinkan Kamu untuk mengaktifkan dukungan AMP untuk jenis posting lainnya.

Pada tab design, Teman Blogger dapat memilih warna dan pilihan desain. Juga dapat meng-upload logo dan gambar header standar yang akan digunakan saat posting tidak memiliki featured image sendiri.




Teman Blogger dapat beralih ke tab menu Analytics untuk menambahkan ID Google Analytics Web blog Kamu.

Jangan lupa untuk mengklik tombol "save settings" untuk menyimpan perubahannya.

Ada banyak plugin yang akan memungkinkan Kamu untuk menambahkan related post, widget footer, dan bahkan sosial ikon media ke halaman AMP blog wordpress Kamu.

Namun, Kamu perlu memastikan untuk memvalidasi halaman AMP setelah selesai menginstal pluginnya.

Saya harap artikel ini, bisa membantu Teman Blogger belajar bagaimana cara untuk mengatur Accelerated Mobile Pages (AMP) di WordPress dengan baik dan benar.


Jika Teman Blogger Merasa bingung dengan tutorial diatas silahkan tonton VIDEO INI atau POST INI. Sekian dan Terima Kasih.